Rss Feed

  1. Kuliah WhatsApp Grup Rumah Main Anak 
    Hari, tanggal : Jumat, 3 Juli 2015

    Nama pemateri : Juditha Elfaj
    Di resume oleh : Rizki Pramudiningtyas (Kiky)

    Usia ini masih termasuk dalam rentang tahap pra-operasional (2 – 7 tahun), dimana kemampuan menerima rangsangan anak masih terbatas. Anak mulai berkembang kemampuan bahasanya, walaupun pemikirannya masih statis dan belum dapat berpikir abstrak, persepsi waktu dan tempat masih terbatas. Namun, perkembangan kognitif (daya pikir) pada masa ini sangat pesat, ditunjukkan dengan rasa ingin tahu anak yang luar biasa terhadap lingkungan sekitar. Hal ini terlihat dari seringnya anak menanyakan segala sesuatu yang dilihat. Sehingga bisa dikatakan bahwa seorang anak membangun kemampuan kognitif melalui interaksinya dengan dunia di sekitarnya.

    A. Pengetahuan umum dan sains
    1. Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
    2. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
    3. Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
    4. Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
    5. Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri
    6. Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
    7. Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
    8. Menyusun perencanaan kegiatan apa yang akan dilakukan
    9. Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya(angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
    10. Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ayo kita bermain pura-pura seperti burung)
    11. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

    B. Konsep bentuk, dan pola
    1. Mengklasifikasikan bentuk atau warna atau ukuran
    2. Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
    3. Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
    4. Mengenal perbedaan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; “paling/ter”
    5. Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
    6. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
    7. Mengenal pola ABCD-ABCD
    8. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya

    C. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
    1. Mengetahui konsep banyak dan sedikit
    2. Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
    3. Mengenal konsep bilangan
    4. Mengenal lambang bilangan
    5. Mengenal lambang huruf
    6. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
    7. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
    8. Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

    Tahap perkembangan ini hanya panduan garis besar. Ingatlah bahwa kecepatan berkembang setiap anak berbeda-beda. Sangat penting untuk membiarkan anak untuk belajar dengan tingkat kecepatan yang nyaman bagi dirinya. Bunda dapat mendorong perkembangan si kecil dengan berbagai cara, seperti dengan memberi anak nutrisi terbaik, dengan membiarkan anak untuk menjadi mandiri, dan dengan memberi mereka kesempatan untuk belajar hal baru dengan mengalaminya sendiri.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar